PERBAIKAN BAN > Bengkel Mobil SM > Bengkel Kukusan > Spooring 3D
 
 
 

Spooring 3D

Setiap kendaraan mempunyai sudut kemiringan roda(spec.data) yang nilainya tertentu. Saat digunakan, sudutnya bisa berubah karena benturan, bisa juga karena spare partnya sudah aus. Akibatnya saat mengemudi menjadi kurang nyaman seperti stir lari kekiri, lari kekanan, lari kiri kanan/limbung, stir terasa berat dan lain-2. Pada ban, keausan menjadi tidak rata & dapat berakibat keusan pada bagian dalam, pada bagian luar sehingga umur bannya menjadi pendek.

Kenapa kendaraan harus di spooring ?

Pada saat pabrik membuat kendaraan, sekaligus mendisain sudut kemiringan roda. Pabrik kendaraan memesan ke pabrik ban sesuai kriteria yang diinginkan oleh pabrik kendaraan.

 

Setelah sesuai kriteria ban yang diinginkan pabrik kendaraan, dilakukan test lapangan oleh pabrik ban sampai hasilnya maksimal & didapatkan sudut kemiringan roda dan biasa disebut Wheel Alignment Data Specification.

 

Pada saat kendaraan di gunakan, sudut kemiringan roda bisa berubah dan agar normal kembali harus di seseuaikan/disetel kembali sesuai sudut kemiringan roda kendaraan tersebut.

Dengan alat bantu mesin spooring, keadaan sudut kemiringan roda bisa bisa terluhat apakah sudut nya berubah & berapa derajat perubahannya dibanding sudut yang seharusnya.

Bila sudut berubah, mekanik akan menyetel part yang berhubungan dengan kemiringan sudut itu.

Bila ada salah satu part yang berhubungan dengan kemiringan sudut sudah aus/rusak, maka harus diperbaiki lebih dahulu seperti Tierod, Long Tierod, Ball Join, Bearing, Laher Roda.

Lihat info bengkel yang lain KLIK DISINI

 
 
 
reparasiban.com
Pilihan Bahasa