PERBAIKAN BAN > Bengkel Mobil SM > Tekanan Angin
 
 
 

Tekanan Angin

Setiap kendaraan dengan merek & type tertentu mempunyai tekanan angin yang nilainya berbeda tergantung Jenis kendaraan & ukuran ban yang digunakan.

Tekanan angin ban akan berubah nilainya seiring dengan berjalannya waktu baik kendaraan itu digunakan maupun didiamkan, berikut adalah hasil percobaan yang dilakukan pabrik ban yg terkenal di dunia.

Karena sangat pentingnya masalah tekanan angin, sejak tahun 1997 NOTA transaksi di setuju motor/reparasiban.com mencantumkan hasil pengukuran tekanan angin pada saat awal maupun hasil penyesuaian tekanan angin. Keadaan tekanan angin tsb apakah kurang, berlebih, & sesuai bisa kami jelaskan secara tehnis.

Pada ban yang normal/tidak ada kelainan, nilai tekanan angin ban akan berkurang secara alami & nilai kekurangannya/turun hampir sama/mirip pada keempat roda maupun ban serep/spare tire. Lihat contoh tekanan angin turun secara alami/normal

Pada ban yang tidak normal/ada kelainan, nilai tekanan anginnya berkurang/turun tidak ber aturan pada  4 posisi roda kendaraan, tekanan angin turun bisa disebabkan karena kebocoran. Lihat contoh tekanan angin ada yg turun tidak normal.

Untuk menentukan nilai tekanan angin ban, harus dilihat ukuran bannya apakah sudah diganti atau masih sesuai dengan aslinya/OE.

Bila ukuran ban yang digunakan masih sama dengan ban aslinya/OE/Original equipment, lihat yg di anjurkan oleh pabrik mobil & biasanya ada stiker di tempel ditiang pintu kanan/Samping dashboard kanan.

Bila ukuran ban berubah/diganti dengan ukuran yang lain, tekanan angin harus diseuaikan dengan ukuran ban yang digunakan.

 

 

 

 


Submenu

 
 
 
reparasiban.com
Pilihan Bahasa