PERBAIKAN BAN > Informasi & Hasil Reparasi Ban > Ban Melembung
 
 
 

Ban Melembung

Sering kami mendapat infomasi via telepon, wa, line, email dan sms dari para pelanggan karena ban nya kembung/melembung.

Apakah ban nya bisa diperbaiki atau tidak ?

Ada beberapa artikel yg membahas tentang kerusakan ban melembung tetapi tidak memberikan penjelasan secara detil & solusi terhadap kerusakan ban melembung.

Sebaiknya untuk menjelaskan masalah ban rusak melembung secara detil, perlu pengetahuan tentang konstruksi ban sekaligus pelaku/mekanik yang telah banyak mereparasi ban & berbagai type kerusakan melembung.

Apa penyebabnya dan apakah masih bisa di reparasi/perbaiki ?

Ban melembung pada ban radial biasa & RFT bisa perbaiki, tergantung model/type kerusakannya.

Ada bermacam-macam penyebab kerusakan ban melembung/benjol, berikut adalah beberapa contoh ban melembung yang telah kami reparasi & penyebabnya.

VIDEO :  Reparasi Ban Rusak Melembung Ban

  

        PSR 225/40R18 92W Eagle F1                  PSR 245/40R19 96Y Proxes T1R

 

PSR 225/55RF17 97W Potenza S001      PSR 225/45R18 92V Efficient Grip

 

 PSR 205/45R17 84V Potenza RE050           PSR 225/45R18 94V Cin P7

 

.PSR 205/45R16 84V CPC3 SSR              PSR 275/35R19 96Y SP Maxxis

Mengenai ban Kembung/Melembung, kami bisa menjelaskan & membuat artikel seperti ini karena mempunyai pengetahuan ban, mengerti konstruksi ban, sebagai pelaku/mekanik yang telah mereparasi ribuan ban dengan ber macam2 bentuk kerusakan ban.

 DETIL PENJELASAN KERUSAKAN BAN MELEMBUNG.

1. Separation Damage, terjadi pemisahan antara material

Separation/pemisahan terjadi antara beberapa material yang ada di dalam konstruksi ban.

2. Spread Cord, terjadi karena susunan benang/cord melebar

Terjadi karena susunan benang/cord/carcass yang tidak sama jaraknya/lebar pada ban yang memakai 1 lapis/ single ply di bagian samping/sidewall. Ban ini tampak dari luar keliatan justru kelihatan Cembung.

3. Shock/benturan, ban terbentur benda keras akibatnya melembung/benjol.

Ban kembung/benjol terjadi akibat terjadi benturan antara permukaan ban dengan benda keras/tumpul seperti batubesar, trotoar, lubang di jalan2 dan lain lain.

Akibatnya susunan benang/carcass dengan arah RADIAL dibagian samping ban maupun di sekitar BEAD bisa putus.

Bentuk kerusakan/cacat bisa ber macam2 tergantung posisi bagian yang terbentur seperti bagian telapak/tread, samping/sidewall.

Bentuk & posisi kerusakan ban tergantung kedaan kecepatan, tekanan angin, beban yang dipikul dan lain2

Dari ribuan ban yang telah kami reparasi, ada 3 macam kerusakan akibat benturan.

1.Separation Damage Kode 111

Ban kembung/Benjol terjadi karena adanya pemisahan didalam material ban, dalam istilah kerusakan ban kerusakan ini dinamakan separation damage. Didalam konstruksi ban terdapat material seperti Karet/Tread, benang/carccas, Sabuk baja/Steel belt.

Untuk melihat secara detil mengenai kerusakan separasion/pemisahan, berikut datanya.

a. Tread Separation, pemisahan terjadi di bagian Telapak

  a1- Pemisahan Tread/karet dengan Carccas/benang (TLC)

  a2-Pemisahan Tread/karet dengan steel Belt(TLB)

  a3-Pemisahan Belt/Steel dengan Carcass/Benang(BLC)

  a4-Pemisahan Carcass/Benang dengan Carcass/Benang(CLC)

b. Cut Separation, pemisahan terjadi karena pada bagian telapak terkena benda tajam mengenai sabuk baja/steel belt sehingga berkarat/korosif. Kerusakan seperti ini tidak bisa di reparasi.

http://reparasiban.com/images/BanBenjol1.jpg

2. Spread cord

Ban Cekung/legok ini terjadi pada ban radial yang menggunakan single ply/ 1 lapis carcass/benang pada bagian samping/sidewall. Susunan benang yang jaraknya tidak sama/spread mengakibatkan bagian samping/sidewall kelihatan cekung saat diisi angin. Awalnya cekung kecil, tetapi setelah lama digunakan bentuk cekung menjadi besar

Kerusakan ini terjadi pada ban PSR dengan daya angkut rendah/ukuran kecil dan menggunakan single ply cord pada bagian samping/sidewall.

3.Shock/Benturan

Kerusakan akibat Shock/Benturan pada ban ada 5 kejadian yg sering kami reparasi.

Kerusakan ini terjadi saat kendaraan berjalan, permukaan ban pada bagian telapak/tread bisa juga disamping/sidewall terbentur benda keras/tumpul seperti batu, trotoar dll. Akibat nya bisa menimbulkan cacat seperti berikut.

3A.Ban melembung/benjol tidak bocor, bagian luar & dalam mulus.

Shock/Benturan benang putus dibagian samping/sidewall tetapi tidak terlihat dari luar dan dalam & ban tidak bocor sehingga ban kelihatan melembung/benjol. Kerusakan ini bisa diketahui setelah ban dilepas dari velg & dilihat dari bagian dalam.

http://reparasiban.com/images/BanMelembungC.jpg

3B. Ban melembung/benjol BOCOR, bagian dalam & luar robek.

Shock/benturan mengakibatkan benang putus di bagian samping/sidewall sehingga ban bocor & terlihat robek dari luar maupun dalam.

http://reparasiban.com/images/Bmw416E1.jpg 

3C. Ban melembung/benjol TIDAK BOCOR,luar mulus dalam robek.

Ban melembung/benjol TIDAK BOCOR, benang pada bagian dalam disamping/sidewall putus. Pada bagian luar mulus tetapi  bagian dalam robek.Kerusakan ini bisa diketahui setelah ban dilepas dari veleg & dilihat dari bagian dalam.

3D Ban melembung/benjol BOCOR, bagian dalam & luar robek terjadi pada 2 posisi kerusakan ban.

Shock/benturan mengakibatkan benang putus di bagian samping/sidewall & robek disekitar velg. Benturan cukup keras menimbulkan 2 posisi kerusakan, pada bagian samping ban & di bagian bead. Contoh rusak pada 2 posisi samping & bead.

3E. Ban melembung/benjol BOCOR, bagian dalam & luar robek terjadi pada 1 posisi kerusakan ban di BEAD.Kerusakan ini di namakan RIM CUT.

Shock/benturan cukup keras dapat mengakibatkan rusak pada bagian BEAD, pada saat benturan bibir pelek memotong bagian bead hingga robek. Kerusakan ini dinamakan RIM CUT dengan kode kerusakan 711. Contoh rusak pada bagian bead/Rimcut

 

 
 
 
reparasiban.com
Pilihan Bahasa