PERBAIKAN BAN  > Informasi & Hasil Reparasi Ban > BedahKasus > Bedah Samping
 
 
 

Bedah Samping

Kerusakan awal(Reparasi Gagal)Sesudah reparasi

Ukuran: PSR 295/35R18 Michelin Pilot.

Kerusakan : Pada bagian samping/Sidewall(Side Cut Penetration)

Masalah : Ban sudah di Reparasi tetapi masih tetap bocor.

Problem : Untuk memastikan ban ini bisa direparasi atau tidak, harus dibongkar dahulu. Cara reparasi yang kurang baik seperti cara gerinda bagian dalam/Inner liner dapat merusak konstruksi ban. Menggerida /membentuk permukaan pada bagian yang cacat agar nantinya kuat menempel antara permukaan ban yang cacat & karet pengganti sangat menentukan kekuatan ban.

Keadaan awal & kemungkinan kesalahan

SEBELUM DI BONGKAR

A. Bagian LuarSebelum Dibongkar

1. Karet reparasi tidak bersenyawa/menyatu dengan karet ban. Kemungkinan yang terjadi, Material/karet kurang baik, Tidak menggunakan lem perantara (Bounding Rubber) yang mensenyawakan karet penutupdengan bahan karet (Cushion Gum) & serta proses pemanasan/vulkanisasi yang dilakukan hanya dari bagian luar saja sedangkan bagian dalam tidak divulkanisasi tetapi ditutup dengan patch.

2. Bentuk/penampilan hasil reparasi ban kelihatan tidak rapi & pecah-2 sehingga proses akhir/finishing kurang baik & tidak rapi seperti bentuk aslinya.

B. Bagian Dalam Sebelum Dibongkar

1. Karet penutup/Patch & lem memakai merek terkenal & dari luar kelihatan terpasang rapih & kuat. Tetapi bila proses menutup luka saat vulkanisasi tidak dilakukan dengan baik & kuat, ban ini akan bocor lagi . Hasil reparasi seperti ini, saat baru di reparasi mungkin tidak bocor tetapi setelah digunakan, bagian samping/sidewall mengalami pergerakan/defleksi secara terus menerus sehingga mulai terjadi kebocoran.

SESUDAH DIBONGKAR

- Bagian Luar Sesudah Dibongkar

- Setelah dibongkar terlihat, bentuk luka pada bagian atas & bawah masih terlihat runcing/bergaris. Luka/bentuk seperti ini saat terjadi pergerakan/defleksi akan memanjang & akibatnya robek bertambah lebar & bocor. sesuai proses reparasi yang benar, semua bentuk bagian cacat yang berbentuk runcing/garis harus dibulatkan. Tujuannya adalah saat terjadi pergerakan/defleksi, bagian yang bulat ini akan menahan pergerakan & lem bounding rubber lebih merata menempel dipermukaan karet.

- Bentuk permukaan yang cacat tidak berbentuk oval & tidak memakai lem perantara/bounding rubber yang akan mensenyawakan karet penutup & karet ban.

- Bagian dalam sesudah dibongkar

- Pada kerusakan bagian dalam terlihat bagian atas & bawah masih runcing. Permukaan kerusakan tidak dibentuk/digerinda.

-Luka pada bagian dalam tidak ditutup& tidak di lakukan proses pemanasan/vulkanisasi. Karet penutup & pemanasan/vulkanisasi hanya digunakan pada bagian luar sedangkan bagian dalam tidak.

- Luka pada bagian dalam yang tidak ditutup karet & langsung dilapisi penutup/Pacth sehingga saat terjadi pergerakan bagian luka mudah terbuka & angin mudah keluar/bocor.

HASIL REPARASI BAN YANG KAMI LAKUKAN

Dengan proses yang benar, hasil reparasi maksimal. Karet ban & karet reparasi bersenyawa.

Hasil reparasi pada bagian dalam sama seperti bagian luar/bersenyawa. Agar hasil reparasi kuat & tahan lama, dilapisi patch yaitu lapisan yang didalamnya terdapat benang nilon yang fungsinya adalah pengganti benang yang putus pada bagian yang rusak/cacat.

< body>

 
 
 
reparasiban.com
Pilihan Bahasa