PERBAIKAN BAN > Informasi & Hasil Reparasi Ban > CaraTambalTubeles
 
 
 

CaraTambalTubeles

Tambal tubeles adalah perbaikan yang bersifat sementara, cara menambalnya dilakukan tanpa melepas ban dari pelek sehingga tidak bisa melihat kerusakan dibagian dalam dan materialnya/insert seal tidak dibuat untuk tahan lama.

Hasil tambal tabeles ini hanya menyumbat disekeliling lubang yang cacat tetapi tidak bersenyawa dengan karet ban. Pada saat baru ditambal tubeles angin masih tersumbat/tidak bocor.

Setelah beberapa lama digunakan akan bocor karena material tubeles yang terdiri dari susunan benang di balut dengan lem karet hanya menyumbat/mengganjel.

Material tambal tubeles tidak bersenyawa dengan karet ban, saat kendaraan berjalan lem mulai mengering sehingga material tambal tubeles mulai berubah bentuk jadi kecil karena mengalami proses gesekan, panas dan dingin saat roda berputar.

Akhirnya angin menembus celah2 antara material tambal tubeles dengan karet ban dan bocor. Angin yang keluar cukup panas dari dalam ban melalui celah2 mengakibat karet ban menjadi terbakar/angus/fatigue sehingga karetnya mati.

Karet yang sudah hangus/mati ini sudah tidak kuat menahan bila harus dilakukan tambal yang ke 2X, 3X atau lebih.

Bila mau di reparasi, bagian yang hangus/mati harus dihilangkan, sehingga luka/lubang menjadi besar agar material reparasi dapat bersenyawa dengan karet ban.

Sebaiknya lakukan langsung reparasi ban dengan cara mengganti ban cadangan/serep, bila dalam keadaan terpaksa bisa dilakukan tambal tubeles dengan resiko lubang yg tadinya kecil akan menjadi besar.

Untuk melihat serba serbi tentang tambal tubeles secara detil KLIK DISINI

 

 

 

 

 

 

 

 

 
 
 
reparasiban.com
Pilihan Bahasa