PERBAIKAN BAN > Informasi & Hasil Reparasi Ban > Tentang Reparasi > Reparasi Ban Permanen
 
 
 

Reparasi Ban Permanen


Reparasi Ban Permanen adalah perbaikan ban yang dilakukan secara bertahap, materialnya bersenyawa, hasil tetap tubeles dan hasil akhirnya mirip dengan aslinya.

Untuk dapat melakukannya diperlukan alat2 khusus reparasi, material reparasi, alat bongkar pasang ,tenaga terlatih/berpengalaman dan mengerti konstruksi ban.

Untuk dapat melakukan berbagai macam kerusakan pada berbagai posisi, bentuk, panjang kerusakan di perlukan SKILL/keahlian dan kemampuan terutama pengetahuan masalah konstruksi ban dan teknik menggerinda.

Bila tidak punya kemampuan seperti itu maka hanya bisa melalukan perbaikan yang mudah/umum saja, apalagi dengan alat seadanya & material modifikasi, tidak lama setelah perbaikan lalu digunakan akan bocor lagi dan penampilannya/finishingnya tidak menarik & karet materialnya tidak bersenyawa.

Semua alat2 Reparasi ban maupun material yang terdiri dari berbagai macam karet pengganti, berbagai macam chemical & Patch dengan berbagai ukuran sudah lama ada & tersedia meskipun masih di import seperti, TECH(usa), MARUNI(Jepang), REMATIP TOP(Jerman), PRO(Taiwan), PAX(Prancis) Dll.

Sayang sekali banyak ban yang harganya mahal di perbaiki dengan cara yang tidak benar dan dengan alat2 seadanya menggunakan material hasil modifikasi/buat sendiri sehingga hasil perbaikannya tidak kuat dan hasil akhirnya/finishingnya kurang baik tidak rata, pecah2 dan berjendol sehingga penampilannya tidak menarik.

Reparasiban.com dapat melakukan perbaikan ban pada berbagai bentuk, posisi , panjang dan lebar tertentu pada bagian Telapak(Tread), Samping(Sidewall),Bahu(Shoulder), Bekas Tubeles, Bead dan Kosmetik ban.

Setelah menganalisa kerusakaan ban dan ditentukan apakah ban bisa direparasi atau tidak, Bila bisa direparasi perlu disiapkan alat2 reparasi ban maupun berbagai macam material yang diperlukan yang berhubungan dengan kerusakan ban.

Proses Kerja

Tahap pertama adalah menganalisa kerusakan ban yang merupakan proses awal yang paling penting dan menentukan kekuatan hasil reparasi ban.

Diperlukan SKILL/kemampuan dan keahlian, yaitu pengetahuan tentang konstruksi ban dan teknik menggerinda yaitu membentuk permukaan lubang pada seluruh permukaan bagian luar maupun dalam dan memperbaiki konstruksi ban yang telah rusak.

Material karet pengganti dapat bersenyawa dengan seluruh permukaan bagian yang cacat seperti karet, sabuk baja/steel belt, benang nylon/carcas.

Dengan pemakaian karet pengganti berupa material khusus dan memasukannya memakai alat khusus Tire Extruder alat akan merubah karet berbentuk padat menjadi karet cair sehingga dapat masuk merata keseluruh permukaan bagian yang cacat.

Proses selanjutnya sangat mudah melakukannya yaitu.

Tahap kedua

Dengan proses vulkanisasi yang cukup lama (2 Jam), karet pengganti akan bersenyawa dengan seluruh permukaan bagian yang cacat pada bagian luar dan dalam.

Sampai tahap ini bagian cacat pada posisi dalam dan luar sudah tertutup oleh karet pengganti dan bersenyawa/tidak bocor tetapi agar kuat terhadap pembebaban maupun kebocoran angin dipasang PATCH.

Tahap ketiga Agar kuat terhadap pembebanan, karet pengganti yang telah bersenyawa dilapisi PATCH yaitu lapisan yang didalamnya terdapat susunan benang nylon dengan arah radial dan sama dengan arah benang yang ada didalam konstruksi ban yang diperbaiki.

Karet pengganti yang telah bersenyawa ditambah lapisan PATCH dapat bergerak mengikuti gerakan dan kuat saat ban digunakan pada kendaraan. Material hasil reparasi pada bagian bahu maupun samping, bergerak flexible dan kuat menahan tekanan angin/tidak bocor maupun saat mengalami pembebanan.

Tahap keempat adalah proses akhir/finishing, pada bagian luar digerinda/dibentuk seperti aslinya. Bila cara reparasi kurang baik & memakai material jelek maka hasil akhir/finishing kurang baik, berjendol, pecah2 dan kurang menarik. Sedangkan pada bagian dalam seluruh permukaan yang telah bersenyawa di lapis PATCH.

Berikut adalah keunggulan reparasi Ban

Saat kendaraan berjalan/ban berputar akan menyebabkan perubahan bentuk pada ban.

Saat terjadi pergerakan pada ban menyebabkan terjadinya tekanan berupa perubahan bentuk/standing wave dan pembebanan pada posisi samping dan bahu.

Karet pengganti yang bersenyawa dan Patch dapat mengikuti pergerakan ban/flexible dan kuat menahan pergerakan dan beban.

A. Saat kendaraan berbelok.

B. Saat terjadi pengereman.

C. Saat terjadi percepatan/Akseleras

 

 
 
 
reparasiban.com
Pilihan Bahasa