PERBAIKAN BAN  > Informasi & Hasil Reparasi Ban > Tentang Rusak Bead
 
 
 

Tentang Rusak Bead

Bead adalah salah satu bagian dari ban & fungsinya adalah menjamin agar berdirinya ban di velg pada posisi yang tepat & kuat.

Kerusakan pada bagian BEAD masih jarang yang bisa memperbaikinya pada ban radial biasa maupun RFT, karena pada bagian ini banyak susunan benang dan berbabagai macam karet seperti Apex, Chafer yang mengelilingi kawat bead/bead wire.

Agar dapat mereparasi kerusakan pada bagian bead secara baik dan benar, mekanik harus mengetahui konstruksi ban sehingga tahu apa yang harus dilakukan dan tahu material apa yang rusak didalamnya.

Dari ribuan ban yang telah kami reparasi, kerusakan bead termasuk yang paling jarang/sedikit kami reparasi, apakah memang jarang terjadi atau ada banyak karena dianggap tidak bisa diperbaiki lalu di buang ???

Sayang sekali ban yang masih bagus dan mahal harganya harus dibuang karena rusak pada bagian bead nya, apalagi kalau ban nya adalah RFT (Run Flat Tyre), selain stoknya dipasaran jarang harga nya cukup tinggi. Kenapa ngga di REPARASI saja.

Menurut pengalaman kami ada 3 macam kerusakan yang sering terjadi pada bagian bead berikut adalah informasinya.

1. Kerusakan Bead terjadi pada saat pemasangan.

2. Kerusakan Bead terjadi karena terkena benda tajam/tumpul.

3. Kerusakan Bead terjadi karena benturan.

 

1. Kerusakan terjadi saat pemasangan

Kerusakan terjadi karena salah dalam pemasangan, saat pemasangan tidak memakai pelumas untuk ban bisa juga tidak memakai alat khusus untuk bongkar pasang ban sehingga karet pada bead heel & bead toe terkelupas.

Kerusakan juga mudah terjadi pada ban yang sudah lama digunakan sehingga karetnya mengeras/mati, meskipun dipasang secara benar karet nya mudah mengelupas.

Contoh kerusakan ban pada saat pemasangan


2. Kerusakan terjadi karena bagian bead kena benda tajam/tumpul

Kerusakan terjadi pada saat pemakaian, bagian ban dekat bead terkena benda tajam/tumpol sehingga terjadi cacat/robek.

Contoh kerusakan ban terjadi terkena benda tajam

3. Kerusakan terjadi karena benturan

Saat kendaraan digunakan bagian telapak terbentur benda keras/tumpul akibatnya bisa timbul 2 macam kerusakan

A. Susunan benang dengan arah radial yang ada dibagian dalam pada posisi samping/sidewall ada yg putus akibat nya dari luar ban kelihatan kembung. Kerusakan ini dinamakan Shock CBU ( Cord breaking up) dengan kode kerusakan 241.

B. Saat kendaraan berjalan, bagian telapak terbentur benda keras/robek sehingga bibir pelek memotong bagian bead akhirnya robek/retak. Dalam istilah kerusakan ban ini dinamakan RIMCUT dengan kode kerusakan 711.

Contoh kerusakan bead karena benturan

 
 
 
reparasiban.com
Pilihan Bahasa