PERBAIKAN BAN > Reparasi Ban Terbaru > Bead
 
 
 

Bead

Kerusakan pada begian BEAD masih jarang yang bisa memperbaikinya karena pada bagian ini banyak susunan benang yang mengelilingi kawat bead/bead wire, dan berbagai macam kompon yang ada di dalamnya. Untuk dapat mereparasi kerusakan bead secara baik & benar, mekanik harus mengetahui konstruksi ban. Sehingga tahu material apa saja yg ada didalamnya & boleh/bisa diganti. Dari ribuan ban yang pernah kami kerjakan, kerusakan pada bagian bead termasuk jarang./sedikit. Apakah memang jumlah kerusakan ini sedikit atau karena dianggap tidak bisa diperbaiki lalu dibuang ? Sayang sekali ban yang masih bagus apalagi ban yang harganya mahal harus dibuang.

Berikut adalah contoh reparasi pada bagian BEAD.

    

PSR 305/25R20                     PSR 275/35R21

 

PSR 225/40R19                     PSR 225/40R19

PSR 225/40R18

Menurut pengalaman kami ada 3 macam kerusakan bead yang sering terjadi.

1. Rusak Bead terjadi saat pemasangan

Kerusakan terjadi karena salah pemasangan, saat pemasangan tidak memakai pelumas bisa juga tidak memakai alat bongkar pasang/tire changer. Pada ban yang sudah lama biasanya karet/kompon pada bagian bead sudah keras/mati, meskipun dipasang secara benar karetnya mudah terkelupas.

Contoh kerusakan dan hasil reparasi

 

2. Rusak Bead terjadi karena terkena benda tajam/tumpul

Kerusakan terjadi saat pemakaian, bagian ban dekat bead terkena benda tajam/tumpul sehingga terjadi cacat disekitar bead.

Contoh kerusakan & hasil Reparasi

3. Rusak Bead terjadi karena benturan.

Kerusakan terjadi saat pemakaian, bagian telapak ban terbentur benda keras bisa juga masuk lubang, sehingga bagian bagian samping/sidewall dan bead mengalami tekanan sehingga timbul kerusakan robek/retak.

Pada saat terjadi benturan pada bagian telapak, ada 2 macam yang bisa terjadi.

A. Ban melembung pada bagian samping/sidewall, saat terjadi benturan susunan benang nylon dengan arah radial yang ada di bagian samping/sidewall putus. Dari luar ban kelihatan benjol. Kerusakan ini dinamakan Shock CBU (Cord Breaking Up) dengan kode kerusakan 241.

B. Saat terjadi benturan terjadi robek/retak di bagian bead, bisa terjadi di posisi luar (Bead heel), Posisi dalam(Bead toe) bisa juga keduanya(Tembus).Bagian bead terpotong oleh bibir pelek & Kerusakan ini dinamakan RIMCUT kode kerusakan 711.

Contoh kerusakan & hasil Reparasi pada bead yang terpotong.

  

Tentang Rusak BEAD

Perbaikan BEAD Cara Reparasi

Contoh Perbaikan BEAD

Submenu

 
 
 
reparasiban.com
Pilihan Bahasa