PERBAIKAN BAN > Reparasi Ban Terbaru > Bead > PSR 305/25R20
 
 
 

PSR 305/25R20

Kerusakan ban dengan ukuran ini hanya bisa di perbaiki dengan tenaga yang berpengalaman & mempunyai alat2 maupun material yang lengkap.

Perbaikan bukan hanya dengan pres2 an saja tetapi diperbaiki dengan proses memakai karet pengganti yang bersenyawa pada bagian luar dan dalam.

Perjalanan memperbaiki kerusakan ban ini.

1. Di tambal tubeles

Kelihatan dari luar, ada lubang di bagian telapak & coba di tambal tubeles. Setelah di tambal tubeles ternyata masih ada bocor lain  di bibir pelek bila ban tidak di lepas, kerusakan di dalam tidak terlihat.

Tukang tambal tubeles tidak bisa melakukan tambal tubeles di bagian tersebut & bila mau melihat kerusakannya akan kesulitan karena tidak mempunyai alat untuk melepas ban dari velg karena tidak mempunyai alat bongkar pasang/Tire Changer untuk  ukuran PSR 305/25R20 ( aspect ratio 25)

2. Di bawa ke toko ban/bengkel yang besar

Untuk melihat bocor dibawah bibir velg, harus melepas ban dari velg & untuk membukanya di bawa ke toko/bengkel besar yang mempunyai  alat bongkar pasang/tire changer yang bisa untuk ban dengan aspect ratio 25.

Setelah di bongkar, ternyata ada kerusakan lain yaitu cacat/robek di bagian dalam yaitu bagian BEAD dan tidak terlihat dari bagian luar sehingga bocor. 

Melihat robek seperti itu, rupanya toko/bengkel yang cukup besar memperbaikinya dengan cara ditutup memakai sealer tetapi tetap bocor.

Toko/bengkel besar pun belum tentu bisa memperbaiki kerusakan ban pada bagian BEAD, apalagi pada ban dengan aspect ratio 25.

Kerusakan seperti ini harus ditangani mekanik yang benar2 mengerti,mempunyai pengetahuan ban & berpengalaman memperbaiki kerusakan ban.

Setelah di bawa ke reparasiban.com, kami periksa & sebagai mekanik yang berpengalaman, ada beberapa langkah yang kami lakukan & jelaskan kepada pelanggan.

- Tanya kan rusak nya apa.( Pelanggan bilang sudah di tubeles tetapi masih bocor)

- Bawa ban yang masih terpasang di velg ke ruang kerja/work shop.

- Sebagai mekanik yang berpengalaman sangat tahu bahwa ban ini terkena benda tajam/paku & akhirnya tembus ke bagian bead meng orek2 bagian bead. Untuk mengatahui sejauh mana besar dan luka dalamnya, ban harus dilepas dari velg.

- Sebelum ban dilepas dari velg kami berikan perkiraan jasa perbaikannya bila pelanggan setuju, ban kami  lepas dari velg untuk memastikan kerusakan nya & apakah ban bisa di reparasi atau tidak dan diperiksa juga apakah ada kerusakan lain selain itu.

- Pelanggan akan diperlihatkan kerusakan yang terjadi didalamnya, bila setuju dengan ongkos perbaikannya akan kami kerjakan.

- Untuk memperbaiki 2 jenis kerusakan ini biaya nya tidak mungkin murah & bila dikerjakan hanya coba2, sayang sekali ban yang mahal harganya dan jarang ada dipasaran ini malah tambah rusak dan harus di buang.

Ban ini susah diperbaiki karena :

                     * Yang di perbaiki adalah ban aspect ratio 25/low profile

                     * Memperbaiki kerusakan gagal tubeles di telapak

                     * Memperbaiki kerusakan di bead pada ban tipis

                     * Perlu pengalaman, alat2 & material lengkap

                     * Banyak waktu yang dibutuhkan untuk 2 kerusakan

Setelah di jelaskan & di perlihatkan ke pelanggan setuju untuk di kerjakan.

Berikut adalah hasil reparasi PSR 305/25R20 97Y Proxes T1R  Rusak Bead & Telapak

 

Dalam 1 ban terdapat 2 macam kerusakan yaitu di bagian telapak& Bead. Benda tajam/paku menembus bagian telapak/tread & karena pakunya panjang me ngorek2 bagian bead dibagian dalam.

Kerusakan ke 1,bagian telapak tembus

Ini adalah bagian bead yang bocor dilihat dari bagian luar.

Ini adalah kerusakan ke 2, bagian dalam bead yang terkorek benda tajam/paku coba diperbaiki dengan cara menutup dengan sealer.

 Ini adalah bentuk kerusakan bagian dalam bead setelah sealer dibuka

Ini adalah bentuk kerusakan yang menembus bagian telapak tembus ke dalam.


 

 
 
 
reparasiban.com
Pilihan Bahasa