PERBAIKAN BAN > Reparasi Ban Terbaru > DetilProblemTubeles
 
 
 

DetilProblemTubeles

Tambal tubeles adalah perbaikan yang bersifat sementara/semi permanen. Cara pengerjaannnya dapat dilakukan dengan mudah tanpa melepas ban dari velg.

Material tambal tubeles yang dimasukan pada bagian yang cacat sifatnya mengganjal agar angin dari dalam ban tidak keluar, tetapi material tambal tubeles tidak bersenyawa/menyatu dengan karet ban maupun serat baja/steel belt yang terdapat di telapak ban.

Sebagian besar material tambal tubeles, terbuat dari tumpukan benang di bungkus dengan lem karet.

Pada saat kendaraan berjalan, bagian telapak/tread yang selalu berputar mengalami gesekan dengan permukaan jalan,sehingga terjadi proses panas & dingin, terkena air dan lain lain akan mnembuat perubahan bentuk material tambal tubeles. Lem pembungkus material tubeles di telapak ban akan mengering, sehingga material tambal tubeles mengecil. Akibat nya ada celah antara material tubeles & akhirnya angin keluar/bocor.

Akibat yang lain, disekitar bagian yang bocor permukaan karet ban mulai aus/terkikis & Material tambal tubeles dengan karet ban di bagian cacat yang tidak bersenyawa terlihat celah/rongga, sehingga angin dari bagian dalam keluar bocor.

Angin panas yang keluar diseputar bagian yang cacat, merusak karet ban/mati tetapi steel belt/serabut baja tetap utuh sehingga berongga.

GAGAL TUBELES TELAPAK

Gagal tambal tubeles pada bagian telapak bila terjadi bocor setelah dipergunakan cukup lama, karet diseputar bagian yang cacat sudah rusak terkena proses & dingin, bagian dalam nya di daerah serat baja/steel belt menjadi ber rongga.

Bila GAGAL tambal tubeles seperti ini di perbaiki tanpa melepas material tambal tubeles & menghilangkan karet ban yang sudah terbakar, PERCUMA

Contoh, perbaikan dilakukan tanpa meles material dan dilakukan dengan di pres dari dalam atau dengan menutup dengan patch.

Pada ssat baru di lakukan tidak bocor tidak lama akan bocor lagi, karena bagian dalam bekas tambal tubeles sudah beronggo & karet diseputarnya sudah rusak.

GAGAL TUBELES DI SAMPING & DI BAHU

Tambal tubeles pada posisi ini tidak dianjurkan, karena pada bagian ini saat kendaraan berjalan selalu mengalami perubahan bentuk sehingga material tambal tubeles yang sifat nya mengganjal mudah lepas.

Tambal tubeles di posisi SAMPING/SIDEWALL ini material tambal tubeles hanya di jepit oleh karet & benang yang tipis. Mudah bocor

Tambal tubeles di posisi BAHU/SHOULDER ini material tambal tubeles dijepit karet & benang yang cukup tebal, mudah bocor karena pada posisi ini selain mengalami gerakan yang terus menerus juga mengalami pembebanan.

Kami telah memperbaiki ribuan ban gagal tambal tubeles yang mengalami masalah ini. Berikut adalah detil contoh perbaikan bekas tambal tubeles pada 3 posisi.

* Problem Tubeles di Telapak/Tread

* Problem Tubeles di Bahu/Shoulder

* Problem Tubeles di Samping/SideWall

 
 
 
reparasiban.com
Pilihan Bahasa