PERBAIKAN BAN > Reparasi Ban Terbaru > Rusak Atas Bawah
 
 
 

Rusak Atas Bawah

Pada sebagian pelanggan keterangan detil seperti ini mungkin kurang diperlukan yang penting masalahnya bisa segera ditangani & hasilnya memuaskan tetapi karena banyak yang minta diberikan penjelasan secara detil & pertanyaan ini ber ulang2, maka kami buat materi ini.

Materi ini sengaja kami buat karena bila tidak tercatat bisa lupa & hasilnya bisa digunakan untuk menambah pengetahuan pelanggan maupun teman2 sesama mekanik perbaikan ban.

Banyak terjadi ber macam2 kerusakan ban diantaranya terjadi kerusakan ban pada 2 posisi dalam 1 ban yaitu bagian ATAS & BAWAH.

Reparasiban.com, sering & banyak memperbaiki kerusakan seperti ini, karena mengerti pengetahuan & konstruksi ban sehingga bisa memberi keterangan, membedakan sebab2 maupun akibat kerusakan antara yang satu dengan yang lain. Saat mereparasi ban bisa tepat sasaran tidak coba2.

Sering terjadi kerusakan di bagian ATAS & BAWAH bila terlihat dari luar ada 2 luka , tempat perbaikan ban tidak mau/tidak bisa mengerjakannya, bila dikerjakan coba di tambal tubeles atau di press seadanya percuma mudah bocor lagi.

Banyak kasus rusak ATAS & BAWAH, Tampak luar hanya bagian ATAS dan coba di tambal tubeles padahal di bagian BAWAH ada cacat di bagian dalam. Hal ini terjadi karena pada saat melakukan perbaikan ban tidak melepas ban dari velg sehingga cacat di bagian dalam tidak terlihat & tidak dilakukan perbaikan akibatnya mudah bocor lagi.

Untuk dapat mereparasi ban dengan hasil yang maksimal, sebaiknya para mekanik mengetahui apa yang bisa menyebakan kerusakan kerusakan seperti ini, apalagi bisa memberi gambaran secara lengkap & membedakan antara kerusakan yang satu dengan yang lain.

 

 

Sebagai pelaku/mekanik reparasi ban, mantan orang ban, mengerti konstruksi ban, hoby & senang membuat website kami bisa membuat informasi detil mengenai kerusakan ban yang sering terjadi pada bagian ATAS & BAWAH. 

Banyak tempat perbaikan ban yang menolak/tidak bisa  memperbaiki kerusakan seperti ini, akhirnya sayang sekali ban yang masih baru/masih tebal harus di buang.

Ada yang coba diperbaiki dengan cara seadanya bagian dalam di kanvas lalu memakai ban dalam, yang penting tidak bocor & tidak tubelles lagi dipakai untuk ban cadangan.

Ada SOLUSI dengan cara reparasi ban, hasilnya tetap tubeles, kuat, tahan lama & bentuknya/finishingnya  di buat mirip aslinya.

Didalam menentukan harga jasa perbaikan ban kami selalu memberikan harga setelah melihat kerusakan ban dari bagian luar maupun dalam dengan cara melepas ban dari velg, mungkin saja ban tidak bisa kami reparasi.

Dari ribuan ban yang telah kami reparasi, kami temukan 13 macam type kerusakan ban yang sering terjadi pada bagian atas & bawah. Kerusakan ban itu di sebabkan karena BENTURAN/SHOCK(5 TYPE) & TERKENA BENDA TAJAM/CUT(8 TYPE)

Lihat diagram kerusakan ban KLIK DISINI

DETIL KERUSAKAN BAN :

A. Kerusakan terjadi karena benturan/shock ( 6 type)

Kerusakan ini terjadi karena benturan antara bagian telapak ban dengan benda tumpul seperti Batu, Trotoan, lubang di jalanan dll.

 

Bead & Samping     Bead & Samping          BEAD                      Samping               Telapak

B .Kerusakan tejadi karena terkena benda tajam ( 8 type )

Kerusakan ini terjadi karena pada bagian telapak, samping, Bahu & Bead terkena benda tajam seperti Paku, Plat besi, Baut & lain2. Benda tajam apalagi panjang akan melukai bagian ban yang lain. Luka lain bisa tembus & bisa juga meng orek2 di bagian dalam.

Bila hanya di tambal tubeles tanpa melepasban dari velg, cacat di bagian dalam tidak akan terlihat & mudah bocor lagi.

   

Bead & Bead          Bahu, Bead Cacat  Telapak & Bead Telapak & Bead Cacat  Samping & Bead

          http://reparasiban.com/images/Jazz8152.jpg

Samping & Bead Cacat  Telapak & Samping   Telapak & Samping cacat   

A. Kerusakan ban terjadi karena benturan/Shock ( 6 type)

Berikut adalah keterangan dari kerusakan tersebut.

A-1. Bagian Bead robek & bagian Samping/Sidewall Robek.

A-2. Bagian Bead robek & bagian samping/sidewall tidak Robek.

A-3. Bagian Bead robek luar & dalam

A-4. Bagian samping/sidewall robek luar & dalam

A-5. Bagian Telapak Robek

A-6. Bagian Bahu Robek

Detil kerusakan karena benturan/shock

A-1. Bagian Bead robek & bagian samping/sidewall Robek.

Bagian Telapak/Tread terbentur benda keras menimbulkan tekanan yang tinggi, sehingga bagian ban dekat bibir pelek cacat/rim cut dan bagian samping/sidewall terkena tekanan & robek pada bagian luar maupun dalam.

Shock/benturan mengakibatkan benang putus di bagian samping/sidewall & robek disekitar velg. Benturan cukup keras menimbulkan 2 posisi kerusakan, pada bagian samping ban & di bagian bead. Contoh rusak pada 2 posisi samping & bead.

 

1. Robek di bagian BEAD luar/dalam(A) & Robek di bagian Samping/Sidewall(B).

- Kerusakan terjadi di bagian bead, pada saat terjadi benturan bagian bibir velg memotong bagian BEAD akibatnya bagian bead terpotong dalam istilah kerusakan ban di namakan RIM CUT dengan kode kerusakan 7111.

- Kerusakan terjadi di bagian Samping/Sidewall karena tekanan sehingga orbek pada bagian luar & dalam.

2. Robek di bagian BEAD luar/dalam(A)

- Kerusakan terjadi di bagian bead, pada saat terjadi benturan bagian bibir velg memotong bagian BEAD akibatnya bagian bead terpotong dalam istilah kerusakan ban di namakan RIM CUT dengan kode kerusakan 711.

3. Robek di bagian Samping/Sidewall di luar/dalam(B)

- Rusak di Samping/Sidewall, Terjadi kerusakan pada bagian luar & dalam karena tekanan sehingga benang/carcass dengan arah radial putus.

- Bila bagian dalamnya robek tetapi luarnya tidak/mulus, dari luar kelihatan kembung.

4. Robek di bagian Bahu/Shoulder di bagian luar/dalam(C)

- Rusak di Bahu/Shoulder, Bagian Bahu/Shoulder robek di bagian luar & dalam karena benturan.

 

5. Robek di bagian Telapak/Tread di luar/dalam(D)

- Rusak di Telapak/Treadr, Bagian Telapak/Tread robek di bagian luar & dalam karena benturan.

6. Robek di bagian BEAD luar/dalam(A) & Robek di bagian BAHU/TELAPAK(C).

- Kerusakan terjadi di bagian bead, pada saat terjadi benturan bagian bibir velg memotong bagian BEAD akibatnya bagian bead terpotong dalam istilah kerusakan ban di namakan RIM CUT dengan kode kerusakan 711.

B. Kerusakan terjadi karena terkena benda tajam(8 type)

 Rusak pada bagian ATAS BAWAH ada 8 type kerusakan yang sering terjadi & disebabkan terkena benda tajam hingga tembus kebagian yang lain pada Bahu, Telapak & Samping.

B.1.Tembus di Bahu/shoulder & Tembus di Bead

B.2.Tembus di Bahu/Shoulder & Bead terkorek/tidak bocor

B.3.Tembus di Telapak/Tread & Tembus di Bead

B.4.Tembus di Telapak/Tread & Bead terkorek/tidak bocor

B.5. Tembus di Samping/Sidewall & Tembus di Bead

B.6 Tembus di Samping/Sidewall & Bead terkorek/tidak bocor

B.7.Tembus di Telapak/Tread & Tembus di Samping/Sidewall

B.8 Tembus di Telapak/Tread & Bagian Samping/Sidewall ter korek2/tidak bocor

Bahu/Shoulder tembus ke bagian BEAD.

Bagian Bahu/Shoulder terkena benda tajam hingga tembus ke bagian BEAD. Benda tajam yg cukup panjang bisa menembus bisa juga me ngorek2 di bagian dalam.

B.1.Tembus di Bahu/shoulder & Tembus di Bead

Kerusakan pada bagian Bahu/Shoulder & BEAD terlihat jelas bacor.  Agar lebih jelas ban harus dilepas dari velg, sehingga cacat di bagian dalam terlihat jelas.

B.2.Tembus di Bahu/Shoulder & Bagian bead terkorek/tidak bocor

Kerusakan pada bagian Samping/sidewall & BEAD terlihat jelas terlihat bacor.  Agar lebih jelas ban harus dilepas dari velg, sehingga cacat di bagian dalam terlihat jelas.

 

Telapak/Tread tembus ke BEAD

Bagian Telapak/Tread terkena benda tajam menembus bagian telapak & bagian bead. Agar lebih jelas bentuk kerusakannya Ban harus dilepas dari velg.

B.3.Tembus di Telapak/Tread & Tembus di Bead

Kerusakan pada bagian Telapak/Tread & BEAD terlihat tembus & bocor. Agar lebih jelas ban harus dilepas dari velg, sehingga cacat di bagian dalam terlihat jelas.

B.4.Tembus di Telapak/Tread & Bagian bead terkorek/tidak bocor

Kerusakan pada bagian Telapak/Tread terlihat tetapi kerusakan BEAD di bagian dalam tidak terlihat & tidak bocor. Agar lebih jelas ban harus dilepas dari velg, sehingga cacat di bagian dalam terlihat jelas.

 

B.5. Tembus di Samping/Sidewall & Tembus di Bead

Bagian Samping/Sidewall terkena benda tajam hingga tembus ke bagian BEAD. Benda tajam yg cukup panjang bisa menembus bisa juga me ngorek2 di bagian BEAD.

Kerusakan pada bagian Samping/sidewall & BEAD terlihat jelas bacor.  Agar lebih jelas ban harus dilepas dari velg, sehingga cacat di bagian dalam terlihat jelas.

B.6 Tembus di Samping/Sidewall & Bagian bead terkorek/tidak bocor

Kerusakan pada bagian Samping/sidewall terlihat jelas tetapi di bagian BEAD tidak terlihat & tidak bacor.  Agar lebih jelas ban harus dilepas dari velg, sehingga cacat di bagian dalam terlihat jelas.

Bahu/Shoulder tembus ke bagian BEAD.

Bagian Bahu/Shoulder terkena benda tajam hingga tembus ke bagian BEAD. Benda tajam yg cukup panjang bisa menembus bisa juga me ngorek2 di bagian dalam.

B.7.Tembus di Bahu/shoulder & Tembus di Bead

Kerusakan pada bagian Bahu/Shoulder & BEAD terlihat jelas bacor.  Agar lebih jelas ban harus dilepas dari velg, sehingga cacat di bagian dalam terlihat jelas.

B.8.Tembus di Bahu/Shoulder & Bagian bead terkorek/tidak bocor

Kerusakan pada bagian Samping/sidewall & BEAD terlihat jelas terlihat bacor.  Agar lebih jelas ban harus dilepas dari velg, sehingga cacat di bagian dalam terlihat jelas.

  

Telapak/Tread tembus ke Samping/Sidewall

Bagian Telapak/Tread terkena benda tajam hingga tembus ke bagian samping/sidewall bagian dalam. Benda tajam yg cukup panjang bisa menembus bisa juga me ngorek2 di bagian dalam.

Kerusakan yang terjadi :

B.7.Tembus di Telapak/Tread & Tembus di Samping/Sidewall

Kerusakan pada bagian luar di Telapak/Tread terlihat dari luar & begitu juga kerusakan di bagian samping/sidewall terlihat & bocor. Untuk lebih jelas ban harus dilepasdari velg.

B.8 Tembus di Telapak/Tread & Bagian Samping/Sidewall ter korek2/tidak bocor

Kerusakan pada bagian Telapak/Tread terlihat tetapi kerusakan di dalam bagian samping/sidewall tidak terlihat & tidak bocor. Agar lebih jelas ban harus dilepas dari velg, sehingga cacat di bagian dalam terlihat jelas.

 

 
 
 
reparasiban.com
Pilihan Bahasa