PERBAIKAN BAN > Reparasi Ban Terbaru > Rusak Karena Benturan
 
 
 

Rusak Karena Benturan

Banyak terjadi berbagai macam kerusakan ban & masing2 ada penyebabnya, bila mengetahui alasannya sebagai pengguna/pemakai bisa menghindari kerusakan tersebut & sebagai mekanik dapat  memperbaikinya tepat sasaran/tidak coba2.

Sebagai pelaku/mekanik reparasiban.com, senang sekali bisa memberikan penjelasan berbagai kerusakan ban yang di akibatkan karena benturan.

Sengaja kami buat penjelasan dengan gambar potongan ban & velg sehingga bisa dapat melihat konstruksi ban agar lebih mudah dipahami, membayangkan apa yang terjadi & kerusakan ban apa saja yang bisa terjadi akibat BENTURAN/SHOCK.

Bila mekanik bisa mengerti sebab & akibat, apalagi bisa memberi gambaran secara detil kerusakan ban, maka perbaikan ban yang dilakukan bisa tepat sasaran.

Benturan bisa terjadi karena, membentur benda tumpul/batu, membentur trotoar, ban masuk ke lubang besar/kecil dll.

Berikut adalah contoh benturan ban yang terjadi dengan TROTOAR, BATU & posisi kerusakan ban bisa dilihat pada potongan ban & velg.

Ini adalah GAMBARAN ban membentur TROTOAR

Ini adalah GAMBARAN ban membentur BATU

Akibat benturan pada contoh diatas mengakibatkan terjadinya berbagai bentuk kerusakan ban, umumnya rusak di bagian ATAS & BAWAH ( 2 kerusakan ) bisa juga terjadi di 1 posisi.

Kerusakan ban di bagian ATAS & BAWAH yang terjadi tergantung dari saat benturan,Sudut benturan, Kecepatan,Tekanan angin , Bentuk permukaan Batu/Trotoar Dll

Berikut adalah contoh posisi kerusakan ban (6 Type) dilihat pada potongan ban & velg.

1. Robek di bagian BEAD luar/dalam(A) & Robek di bagian Samping/Sidewall(B).

- Kerusakan terjadi di bagian bead, pada saat terjadi benturan bagian bibir velg memotong bagian BEAD akibatnya bagian bead terpotong dalam istilah kerusakan ban di namakan RIM CUT dengan kode kerusakan 7111.

- Kerusakan terjadi di bagian Samping/Sidewall karena tekanan sehingga orbek pada bagian luar & dalam.

2. Robek di bagian BEAD luar/dalam(A)

- Kerusakan terjadi di bagian bead, pada saat terjadi benturan bagian bibir velg memotong bagian BEAD akibatnya bagian bead terpotong dalam istilah kerusakan ban di namakan RIM CUT dengan kode kerusakan 711.

3. Robek di bagian Samping/Sidewall di luar/dalam(B)

- Rusak di Samping/Sidewall, Terjadi kerusakan pada bagian luar & dalam karena tekanan sehingga benang/carcass dengan arah radial putus.

- Bila bagian dalamnya robek tetapi luarnya tidak/mulus, dari luar kelihatan kembung.

4. Robek di bagian Bahu/Shoulder di bagian luar/dalam(C)

- Rusak di Bahu/Shoulder, Bagian Bahu/Shoulder robek di bagian luar & dalam karena benturan.

 

5. Robek di bagian Telapak/Tread di luar/dalam(D)

- Rusak di Telapak/Treadr, Bagian Telapak/Tread robek di bagian luar & dalam karena benturan.

6. Robek di bagian BEAD luar/dalam(A) & Robek di bagian BAHU/TELAPAK(C).

- Kerusakan terjadi di bagian bead, pada saat terjadi benturan bagian bibir velg memotong bagian BEAD akibatnya bagian bead terpotong dalam istilah kerusakan ban di namakan RIM CUT dengan kode kerusakan 711.

 

 

 
 
 
reparasiban.com
Pilihan Bahasa