PERBAIKAN BAN  > Reparasi Ban Terbaru > Samping/Sidewall > PSR 215/55R16
 
 
 

PSR 215/55R16

Terlihat dari luar baut/skrupmasuk menembus pada bagian samping ban/Sidewall. Dalam istilah kerusakan ban kerusakan ini dinamakan Side Cut Penetration yaitu bagian samping/side wallterkena benda tajam hingga menembus benang bagian dalam.

Untuk mengatasi kerusakan seperti ini, biasanya dilakukan dengan cara tambal tubeles dari luar tanpa melihat cacat yang terjadi pada bagian dalam.

Gambar ini menunjukan lubang/cacat pada bagian luar setelah mur/skrup dilepas & biasanya lubang ini ditambal dengan cara tubeles. Selain tambal tubeles sangat rentan terhadap bocor pada bagian samping/sidewall, apakah kerusakan hanya terjadi pada satu tempat ?. Untuk megetahuinya, ban harus dilepas dari pelek sehingga terlihat jelas kerusakan ban yang terjadi pada bagian luar maupun dalam.

Dari dalam ternyata ada 2 kerusakan yaitu baut yang menembus bagian dalam/Innerliner & baut juga melukai bagian dalam/robek sehingga benang pada bagian dalam putus sampai 3 lapis.

Kalau dari luar, hanya lubang baut yang diperbaiki, sedangkan bagian yang cacat/benang putus tidak diperbaiki.

Saat digunakan, pengendara merasa aman. Padahal konstruksi ban sudah rusak & kekuatannya menahan beban sudah jauh berkurang. Untuk menjaga agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan, perbaiki/reparasi ban dengan melepas ban dari peleknya agar terlihat kerusakan ban pada bagian luar maupun dalam.

Dari dalam terlihat 2 buah type kerusakan yaitu lubang akibat baut menembus & cacat karena baut mengorek orek sehingga benangnya putus. Perlu 2 cara menangani kasus seperti ini.

Cara pertama menutup lubang dengan material khusus.

Bentuk perbaikan pertama terlihat dari luar.

Cara ke 2 yaitu menutup bagian cacat yang benangnya putus 3 lapis dengan menambah karet/Cushion gum dengan cara vulanisasi.

Proses vulkanisasi ini memakan waktu +- 1.5 Jam. Tujuannya agar permukaan yang cacat tertutup karet yang akan bersenyawa dengan permukaan bagian dalam ban.

Karet pengganti yang telah bersenyawa dengan karet bagian dalam ban diratakan.

Karena bagian yang cacat benangnya sudah putus & agar tetap kuat, diperlukan benang pengganti dengan memakai patch. Agar Patch dapat menempel dengan baik, seluruh permukaan bagian yang cacat dilapis lem khusus yang cocok dengan patch.

Didalam patch yang telah menempel terdapat benang nilon yang kuat sebagai penggganti benagyang putus. Selain kuat menahan beban & pergerakan ban, patch ini sangat kuat menahan keluar nya angin.

Dengan step kerja yang benar, menganalisa kerusakan ban & memilih material yang cocok, hasil reparasi ban maksimal.

 
 
 
reparasiban.com
Pilihan Bahasa