PERBAIKAN BAN  > Reparasi Ban Terbaru > Samping/Sidewall > TentangRusakSAMPING
 
 
 

TentangRusakSAMPING

 

                        CARA TUBELES                                             REPARASI

 

Penjelasan lebih detil:

Dalam istilah kerusakan ban kerusakan ini dinamakan Side Cut Penetration/SCP dengan kode kerusakan 412, Bagian samping/sidewall area terkena benda tajam hingga menembus ke bagian dalam/innerlnner.

Ban ini termasuk kesalahan pemakai/user fault sehingga bila di klaim ke pabrik hasilnya ditolak.

Bila terjadi bocor, umumnya dilakukan tambal tubeles.

Tambal tubeles pada posisi samping/side walll meskipun kecil seperti kena paku atau yang lain termasuk posisi bahu mudah bocor lagi setelah digunakan, pada saat kendaraan berjalan dan posisi kerusakan ada dibawah maka posisi kerusakan akan menanggung beban dan mengalami pergerakan yg terus menerus sehingga mengalami perubahan bentuk sehocoringga material tambal tubeles bersifat hanya menyumbat/mengganjal tetapi tidak bersenyawa mudah lepas/bocor.

Selama kendaraan berjalan akan terjadi perputaran ribuan kali , puluhan ribu kali bahkan jutaan kali tergantung jarak yg ditempuh.

Material tambal tubeles/insert seal yang terdiri dari kumpulan benang dibalut dengan lem sifatnya hanya mengganjal/menyumbat tetapi tidak bersenyawa, bila dimasukan ke lubang yang cacat sifatnya hanya mengganjal/menyumbat menahan angin diseputar lubang.

Material tambal tubeles tidak dibuat untuk tahan lama/sementara & sifatnya hanya menyumbat  Setelah kendaraan berjalan, material tambal tubeles yang terdiri susunan benang dan lem berubah bentuk jadi mengecil karena adanya proses panas & dingin akhirnya tidak kuat menahan tekanan angin dari dalam & bocor.

Masalahnya tidak hanya bocor lagi , tetapi bekas proses tambal tubeles dibagian samping meninggalkan masalah karena lubang bekas tambal tubeles menjadi besar & bila di tambal tubeles lagi percuma akan bocor lagi.

Kalau tadinya hanya bocor kecil terkena paku, bila ditambal tubeles lubang yang kecil harus dilebarkan untuk memasukan material tubeles, sehingga benang/carcass di bagian samping menjadi lebih banyak yang putus karena dilebarkan.

Material tambal tubeles yang sifatnya hanya mengganjal/menyumbat tetapi lemnya tidak bersenyawa akhirnya berubah bentuk menjadi mengecil karena lemnya mengering disebabkan adanya proses perubahan bentuk secara terus menerus, proses panas& akhirnya bocor

Ada cara mengatasi persoalan ini dengan reparasi ban secara permanen.

- Bila memungkinkan ganti dengan ban serep & sebaiknya jangan melakukan tambal tubeles di bagian samping/sidewall atau Bahu/Shoulder meskipun lubang nya kecil, seperti kena paku, karena akan bocor lagi & lubang semakin besar.

- Bila pernah di tambal tubeles & bocor lagi di posisi yang sama, jangan di tambal tubeles lagi, percuma karena mudah bocor lagi karena kedudukan karet & benangnya sudah tidak kuat.

- Cara megatasinya bawa ketempat reparasi ban secara permanen & pilih yang  menggunakan alat2 khusus reparasi ban & material khusus bukan material modikasi karena selain hasilnya lebih kuat, penampilannya/finishingnya lebih  bagus, haslus & menarik

- Banyak yang melakukan perbaikan dengan istilah di tambal dari dalam, di press dari dalam , tidak baik & tidak kuat. 

Coba anda perhatikan bagian luar nya diapakan ? hanya ditutup seadanya/di lem ? cara seperti ini tidak benar karena seluruh bagian yang cacat  baik di bagian luar dan dalam seharusnya dengan karet pengganti yang bersenyawa.

 

 

 

 
 
 
reparasiban.com
Pilihan Bahasa