PERBAIKAN BAN > Reparasi Ban Terbaru > TambalTubelesBocor
 
 
 

TambalTubelesBocor

Tambal tubeles adalah Perbaikan sementara, material nya tidak dibuat untuk tahan lama dan pekerjaannya hanya dilakukan dari luar tanpa melepas ban dari pelek sehingga tidak melihat dan mengetahui keadaan kerusakan maupun bentuk kerusakan dari bagian dalam.

Ada 3 posisi tambal tubeles yg sering dilakukan dan masing-2 mempunyai penyebab mengapa bocor lagi.

A. Di Telapak/Tread

B. Di Bahu/Shoulder

C. Di Samping/Sidewall

Berikut adalah penyebab terjadinya kebocoran sesudah di tambal tubeles pada berbagai posisi.

A. Tubeles Bocor di Telapak/Tread

    

Kerusakan pada bagian telapak ban seperti ini dinamakan Tread Cut Penetration to Carccas/TCP dengan code kerusakkan 411dan kerusakkan ini termasuk kesalahan pemakai/user fault.

Tambal tubeles pada posisi telapak lebih lama bocornya dibanding posisi lain, materialnya bergesekan/terkikis dengan permukaan jalan tetapi material tubeles/Insert seal tidak mengalami pergerakan dan kedudukkanya cukup kuat karena di bagian ini terdapat 7 susunan material yang menjepit material tubeles/Insert seal.

Banyak yang lupa atau bahkan banyak yang menganggap setelah ditambal tubeles lalu di pakai untuk selamanya padahal tambal tubeles adalah tambal sementara material tidak dibuat untuk tahan lama dan cara menambalnya pun tanpa membuka ban dari pelek sehingga tidak melihat bentuk kerusakan/cacat dari bagian dalam dan tidak mengetahui apakah ada cacat yang lain. Untuk lebih detil KLIK disini.

* Bila bisa lama digunakan dan suatu saat bocor lagi ini karena tambal tubelesdilakukan dengan benar sesuai dengan arah dan sudut kemiringan nya. Kenapa bisa bocor ? Material tambal tubeles adalah tambal sementara dan materialnya tidak dibuat tahan lama, pada bagian telapak material tambal tubeles/insert seal bersentuhan langsung/terkikis dengan permukaan jalan dan mengalami proses panas/dingin. Saat material nya aus/fatique angin mulai keluar/bocor.

* Problemnya bila sudah lama digunakan dan bocor lagi, maka karet disekeliling tambal tubeles sudah mulai lemah/getas karena angin dari bagian dalam dan cukup panas ada disekitar tambalan sehingga bila ditambal tubeles lagi kedudukan karet sudah tidak kuat lagi. Umumnya ditambal lagi dengan 2 bahkan 3 material tubeles/insert seal, percuma akan bocor lagi dan kelihatan besar/menjendol kurang menarik.

Reparasiban.com sering sekali menangani kasus seperti ini sehingga bisa membuat kesimpulan dan artikel ini.

B. Tubeles Bocor di Bahu/Shoulder

    

Tambal tubeles pada bagian Bahu/Shoulder mudah bocor, meskipun bagian ini tidak bersentuhan dengan permukaan jalan tetapi bagian ini selalu mengalami pergerakan, perubahan bentuk/standing wave dan kedudukannya kurang kuat karena material tubeles/insert seal hanya di jepit4 susunan material.Pada saat jalan lurus dan bergelombang pergerakannya agak kurang, tetapi pada saat pengereman, akselerasi dan berbelok akan menimbul pergerakan dan pembebanan dibagian bahu. Tambal tubeles tidak kuat/tidak flexible dan lem mudah lepas saat terjadi pergerakan di bagian bahu. Untuk lebih detil KLIK disini.

C. Tubeles Bocor di Samping/SideWall

 

     

Tambal tubeles pada bagian samping/sidewall paling mudah bocor, bagian ini selalu mengalami pergerakan/perubahan bentuk dan pembebanan. Dudukan pada bagian ini tidak kuat dan tipis hanya di jepit 3 susunan material dan lem pada material tubeles tidak kuat. Pada saat terjadi pergerakan dan perubahan bentuk/standing wave angin mudah keluar/bocor. Untuk lebih detil KLIK disini.

Submenu

 
 
 
reparasiban.com
Pilihan Bahasa