PERBAIKAN BAN  > Reparasi Ban Terbaru > Telapak/Tread > PSR 225/65R17A
 
 
 

PSR 225/65R17A

Untuk lebih jelas cara mereparasi ban bekas tubeles KLIK disini

Tambal tubeles bocor lagi. Tambal tubeles adalah perbaikan yang bersifat sementara, materialnya terdiri dari susunan benang dibalut karet tidak di buat untuk tahan lama.

Cara menambalnya dapat dilakukan dengan mudah tanpa perlu melepas ban dari pelek. Tetapi tidak dapat mengetahui keadaan didalamnya dan targetnya hanya mencegah angin tidak keluar pada saat itu. Kadang karena terlalu sibuk lupa bahkan ada yang menganggap bahwa tambal tubeles adalah perbaikan untuk selamanya, padahal ini adalah perbaikan sementara.

Bila mungkin, bila ban rusak langsung lakukan Reparasi Ban agar lubang pada bagian yang cacat tidak melebar karena proses tambal tubeles perlu melebarkan lubang cacat agar dapat memasukan material tambal tubeles/insert seal kedalam lubang.

Sebaiknya setelah ditambal tubeles lakukan reparasi ban yang permanen dan tanyakan cara kerja, material maupun alat-2 yang digunakan.

Terlihat setelah lama digunakan keausan antara material tambal tubeles yang terbuat dari susunan benang dengan karet di telapak ban tidak sama sehingga timbul celah sehingga angin mulai keluar/bocor. Akibat yang lain adalah karet disekitar tambalan di bagian dalam mulai getas/rusak karena terjadi panas disekitarnya dan Sabuk Baja/Steel Belt mulai keluar.

Ini adalah material tambal tubeles dilihat dari bagian dalam, ketika tambalan pertama mulai bocor lalu ditambal lagi ke 2 , bocor lagi ditambal yang ke 3. Dapat dipastikan akan selalu bocor lagi karena kedudukan sudah tidak kuat sebab karet di seputar tambal tubeles sudah rusak/terbakar saat angin keluar terkena proses panas.

Karena dari bagian atas terus dipaksakan masuk material tubeles dengan tujuan agar kuat menahan angin akkirnya dibagian dalam disekitar tambalan melembung, karet disekitarnya sudah getas/fatique.

Ini adalah beberapa material tambal tubeles yang dipaksakan untuk menyumbat bagian yang bocor, selain tetap bocor lubang menjadi bertambah lebar. Pilihannya bawa ke tempat reparasi ban yang profesional, di kanpas lalu pakai ban dalam atau dibuang.

Terlihat bekas tambal tubeles yang di-ulang-2 akan memperbesar/memperlebar lubang.

Ini adalah hasil reparasi ban, karet pengganti bersenyawa dengan karet ban. Selain kuat menahan angin yang keluar, keausan karet pengganti sama dengan karet telapak ban sehingga meskipun dipakai jangka panjang tidak terjadi kebocoran.

Close up karet pengganti bersenyawa dengan karet telapak ban.

Agar kuat menahan angin dan beban, diatas karet pengganti pada bagian dalam yang bersenyawa di lapis PATCH dan didalamnya terdapat 2 lapis benang nylon ( 2 Ply).

Ukuran ban PSR 225/65R17 102 T

Pola telapak ban Dueler H/T 470

Kode produksi 2310, di produksi pada minggu ke 23 tahun 2010.

 

 

 

 

 
 
 
reparasiban.com
Pilihan Bahasa