PERBAIKAN BAN  > Reparasi Ban Terbaru > Telapak/Tread > TentangRusakTELAPAK
 
 
 

TentangRusakTELAPAK

 

Penjelasan lebih detil tambal tubeles Telapak VS Reparasi ban

Dalam istilah kerusakan ban kerusakan pada bagian Telapak/Tread dinamakan Tead Cut Penetration/TCP dengan kode kerusakan 411, Bagian Telapak/Tread area terkena benda tajam hingga menembus ke bagian dalam/innerlnner menembus 7 material yang ada dibawah telapak ban.

Ban ini termasuk kesalahan pemakai/user fault sehingga bila di klaim ke pabrik hasilnya ditolak.

Bila terjadi bocor, yang sering dilakukan adalah dengan cara sebagai berikut, memang saat baru di perbaiki tidak bocor tetapi akan bocor lagi & performanya menurun.

- Bila lubangnya kecil dilakukan tambal tubeles/perbaikan sementara & akan bocor lagi setelah beberapa saat digunakan.

- Bila lubangnya lebih besar ditambal tubeles dengan menggunakan material tubeles lebih banyak, percuma saja ini dilakukan karena akan terjadi lagi bocor di tempat yang sama.

- Bila lubangnya cukup besar dan tidak bisa di tambal tubeles, dengan cara memakai ban dalam & bagian dalamnya lebih dahulu ditutup dengan kanvas  dengan cara ini performa ban menurun.

- Dengan cara perbaikan ban permanen, tetapi dilapangan banyak cara perbaikan yang berbeda dengan material berbeda, alat2 berbeda, cara perbaikan berbeda dan hasilnya pun berbeda/tidak kuat.

* Robek di telapak/tread lebar 2 sampai 3 cm, tidak bisa di tubeles & ditambal dari dalam/di press sedangkan bagian luar hanya ditutup lem. Dengan cara ini, tidak akan tahan lama & akan bocor lagi.

* Robek di telapak/tread diatas 3 cm biasanya ditolak dan digunakan ban dalam, ban tidak tubeles lagi & performa ban menurun. Rusak seperti ini bisa di reparasi.

* Bila tidak ada ban dalam untuk ukuran tersebut misalnya ban ring 18", 19", 20", 21", 22", 24" lalu bagai mana ?. Kadang ada juga yang nekat yang penting tidak bocor menggunakan ban dalam seadanya karena ban dalam ukuran tersebut memang tidak di produksi.

Reparasiban.com, telah mereparasi ribuan dengan berbagai macam kasus.

Kasus seperti diatas banyak kami tangani, bila robeknya ditelapak/tread terlalu lebar/panjang.

Banyak tempat perbaikan ban yang menolak/tidak mengerjakan kasus seperti ini & sayang sekali bannya harus dibuang, salah satu sebabnya pada bagian sabuk baja/steel belt yang putus berserabut & berantakan tidak tahu akan diapakan, bagaimana caranya material pengganti bisa bersenyawa dengan sabuk baja.

Dengan alat2 khusus, material khusus reparasi ban, mengerti konstruksi & berpengalaman, kerusakan tersebut bisa kami tangani.

 

 

 

 

 

 
 
 
reparasiban.com
Pilihan Bahasa